Seleksi Masuk Mahasiswa

Seleksi Masuk untuk Calon Mahasiswa Sebidang

Seleksi penerimaan mahasiswa baru sebidang (pendidikan S2 termasuk di dalam 11 bidang keahlian yang ditawarkan PSDIP Unila) dilakukan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana Unila dengan mengikuti beberapa tahap, yaitu:

  1. Calon mahasiswa mendaftarkan diri ke Program Pasca Sarjana Unila dengan mengisi formulir pendaftaran. Syarat utama dalam penerimaan mahasiswa baru Program Studi Ilmu Pertanian adalah nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) strata sebelumnya minimal 3.50 skala (4). Calon mahasiswa dengan IPK antara 3,25 dan 3,49 dapat mendaftar dengan menyertakan bukti-bukti pengalaman kerja, kinerja penelitian setelah lulus S2, serta aspek-aspek akademik lain yang relevan.
  2. Calon mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran disertai dengan curriculum vitae dan garis besar rencana penelitian disertasi.
  3. Calon mahasiswa mengikuti Test Potensi Akademik (TPA) yang diselenggarakan oleh panitia.
  4. Calon mahasiswa mengikuti wawancara yang diselenggarakan di sekretariat program studi untuk memastikan kesesuaian bidang keahlian (konsentrasi) dan ketersediaan promotor .
  5. Kelulusan calon untuk diterima sebagai mahasiswa PSDIP Unila diumumkan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh panitia. Kelulusan mahasiswa ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan transkrip pendidikan S2, hasil Test Potensi Akademik, dan hasil wawancara.

Seleksi Masuk untuk Calon Mahasiswa Tidak Sebidang

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mahasiswa yang tidak sebidang (pendidikan S2 di luar 11 bidang studi di atas), wajib mengambil jumlah sks minimum 60 sks. Tahapan seleksi mahasiswa yang tidak sebidang juga mencakup pembahasan mata kuliah tambahan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Mengingat beragamnya mata kuliah tambahan yang harus diambil, jumlah dan jenis mata kuliah yang harus diambil dibahas secara individual.